Advertisement

Minuman Penyagar dikala Berbuka Puasa

hai gan berhubung ini lagi bulan puasa,ane mo share minuman buat buka puasa yg populer di daerah ane



silahkan agan lihat2 dulu ya.......
 

posisi pertama ditempati oleh


ES CENDOL


Es Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol. 

Dan yang di runer-up ditempati oleh


ES KOLAK



Kolak atau kolek merupakan penyegar ringan berupa rebusan buah pisang, umbi ubi jalar, salut biji nangka, atau umbi singkong yang diberi cairan manis dan gurih yang terbuat dari gula kelapa atau gula jawa dan santan dan diberi daun pandan wangi sebagai pewangi. Sebagai tambahan dapat pula diberi serta kolang-kaling.
Kolak sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Karena pembuatannya mudah, hampir tidak dikenal variasi tempatan dalam resepnya.
Konsumsi kolak biasanya meningkat pada bulan Ramadan karena kolak populer sebagai makanan pembuka puasa.


Dan yang di posisi tiga ditempati oleh

ES DEGAN/ES KELAPA MUDA



Es Kelapa muda terbuat dari serutan daging buah kelapa yang masih muda, dicampur dengan air dari kelapa ditambahkan es dan sirup atau gula, Es Kopyor juga bentuk dan pembuatan yang sama hanya mengganti kelapa muda dengan kelapa kopyor  

POSISI KE EMPAT ditempati oleh

ES CAMPUR 

 
 ES CAMPUR merupakan kombinasi/campuran dari berbagai macam buah2an dan bahan2 lainnya seperti cincau,agar2,kolang kaling,sagu,selasih,dll.
yang dicampur dalam kuah santan ,sirup dan susu lalu diberi potongan es batu
aaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh segarnya !!!!!!!!!!!!!!!!!


 POSISI BERIKUTNYA ditempati oleh

ES GEMPOL PLERET

Es gempol pleret pun sangat khas Jepara. Berupa es bersantan dengan nasi dibentuk bulat seperti bakso bersama plered atau pleret. Pleret sangat unik karena berupa campuran tepung-air dibentuk seperti bunga tulip namun dibelah satu di pinggir. warna dominannya merah. Ketika dijadikan satu di mangkuk dan diminum. Hmm.... segarrr.


SILAKAN AGAN MENCOBA ASALKAN SETELAH ADZAN MAGRIB TIBA YA..............

SELAMAT BERPUASA 





 
 

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

FansPage