10 Zebra Cross Terunik Di Dunia

Di beberapa negara yang sangat menghargai pejalan kaki, zebra cross menjadi media penyaluran kreativitas seniman dan juga ajang promosi.

Akhirnya zebra cross bukan sekadar garis hitam-putih, tetapi juga aksesori yang menambah keindahan sebuah kota. Di mana sajakah? 10 contoh di bawah ini bisa jadi sumber inspirasi.


Latin Insurance Cross Walk
Perusahaan asuransi di Peru merancang zebra cross yang aneh sebagai ajang promosi. Lajur-lajur dibuat dari beton menyeberangi lubang dengan buaya dan ular di bawahnya. Hal ini melambangkan bahwa, seseorang yang menggunakan jasa asuransi akan lebih mudah melintasi rintangan "hidup" yang penuh resiko.

Masalahnya, zebra cross ini tidak benar-benar terletak di tengah jalan, sehingga iklan tersebut menjadi tidak efektif. Walau kemudian cara promosi seperti ini diakui sebagai iklan paling kreatif sedunia.


McDonald's Crosswalk
Saat festival Zurifest di Swiss, perusahaan rantai makanan McDonald mengecat jalanan dengan desain zebra cross yang unik. Satu bungkus kentang goreng dengan logo perusahaan dan batang-batang kentang berwarna kuning sebagai tempat penyeberang jalan melangkah di atasnya.

 
Salburg School of Music – Piano Crosswalk
Zebra cross ini juga berlokasi di Swiss sebagai cara promosi sekolah musik Salzburg. Dengan bentuk bilah-bilah piano, zebra cross ini semakin unik karena setiap tanda "boleh menyeberang" menyala akan terdengar alunan piano. Orang yang menyeberang di atasnya bisa berjalan dengan gembira sambil menyanyikan lagu yang terdengar.


Curving Ego Crosswalk
Desainer Korea Jae Min Lim membuat zebra cross yang disebut "Ergo Crosswalk".  Bentuknya tidak seperti zebra cross konvensional, melainkan ada lajur yang lebih lebar di dekat trotoar.

Jae Min Lim yakin dengan zebra cross rancangannya, maka akan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.


Bubbles Hair Salon Comb Crosswalk
Sebagai penanda lokasi salon di Roma, Italia, dibuatlah zebra cross berbentuk sisir di jalanan depannya. Unik ya, orang yang melintas pasti langsung tahu lokasi salon tersebut.

 
Diagonal Crosswalk
Di salah satu persimpangan di Los Angeles, ada zebra cross yang dibentuk ke berbagai arah termasuk diagonal. Dengan lintasan penyeberangan jalan seperti ini, orang tak perlu menyeberang dua kali dari satu sisi ke sisi lain yang berjauhan. Jadi lebih praktis, kan?

 
Sentieri Urbani Crosswalks
Dua desainer bersaudara D. Adriano dan G. Adriano dari Italia merancang zebra cross yang lebih individual. Tujuannya, setiap pejalan kaki yang menyeberang di atasnya bisa sekaligus mengetahui informasi seputar tempat-tempat di sekelilingnya yang akan mereka kunjungi.


Shopping Curitiba Crosswalk
Zebra cross bergambar barcode ini letaknya di Brazil. Dirancang oleh Opus Multipla sebagai penanda keberadaan mal di seberangnya.


South Africa Tourism Crosswalk
Bila zebra cross terilhami dari garis-garis pada hewan zebra, sepertinya zebra cross paling harfiah sesuai bentuk aslinya ada di Afrika Selatan ini. Lihat foto, lajur-lajur seperti itulah yang ada pada zebra.

Sebagai ajang promosi bagi wisatawan, zebra cross ini memang dibuat dengan tujuan menyambut pengunjung yang siap mengeksplor Afrika, tempat zebra-zebra hidup di gurun nan tandus. Uniknya, zebra cross ini berada di Mumbai, India. Kebetulan, South Africa Tourism memang sedang promosi menarik lebih banyak wisatawan dari India.

 
Crosswalk by Road worth
Mungkin ini satu-satunya zebra cross yang tidak menggambarkan lajur-lajur seperti lainnya. Entah apa maksud sang desainer, Peter Gibson dengan gambar mata angin tersebut.

Kabarnya, saat ia mengerjakan tahun 2001 lalu, ia ingin jumlah mobil dan sepeda semakin sedikit di jalanan Montreal, Kanada. Akibat ulahnya, justru tidak membuat banyak orang senang. Dan, di tahun 2004 akhirnya Gibson masuk tahanan dengan 53 dakwaan.
 

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Google+ Followers

FansPage